BKPRMI Batubara Ajak Masyarakat Bayar Zakat Melalui Baznas

BKPRMI Kabupaten Batubara mengajak masyarakat Muslim pembayar zakat diwilayah itu mau membayarkan zakat melalui Baznas di seluruh Kabupaten Batubara.

topmetro.news – Jajaran Pengurus Besar DPD Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Kabupaten Batubara, Sumatera Utara mengajak dan mengimbau agar segenap masyarakat Muslim pembayar zakat diwilayah itu mau membayarkan zakat fitrah, zakat harta serta zakat lainnya cuma melalui Baznas (Badan Amil Zakat Nasional) di seluruh Kabupaten Batubara.

Rabu (3/4/2024), ditegaskan Ketua DPD BKPRMI Batubara melalui Sekretaris M Yusroh Hasibuan SPdI didampingi carataker DPK BKPRMI Kecamatan Sei Balai Nurmawansyah dan juga Komandan Brigade Masjid Daerah (Brimasda) BKPRMI Batubara, Bahwa dengan banyaknya masyarakat yang berzakat melalui Baznas, setidaknya wajib zakat itu sudah turut serta berperan untuk mengentaskan kemiskinan warga, khususnya yang bertempat tinggal dan bermukim di Batubara.

“Lagipula telah dicantumkan dalam Undang-undang No 23 tahun 2011 tentang badan penerima zakat yang resmi direkomendasikan oleh Pemerintah RI. Jadi menurut saya membayar zakat melalui Baznas sudah sesuai dengan prosedur yang disarankan pemerintah,” pungkas Yusroh.

“Kalau memang diizinkan Pak Bupati, wadah-wadah organisasi pemuda keagamaan seperti BKPRMI maupun yang lain, bisa dilibatkan dalam membantu pengumpulan dan juga penyaluran zakat di setiap penjuru Batubara,” harapnya.

Sebelumnya sewaktu berada di Yayasan Sekolah Citra Abdi Negoro Sei Balai dalam rangka prosesi acara penutupan program Pesantren Kilat dan juga acara muscam (musyawarah kecamatan), yaitu pada Hari Senin (1/4/2024) kemarin, Ketua Carataker DPK BKPRMI Kecamatan Sei Balai sendiri, juga membuat pernyataan berkomitmen dan berjanji.

Bila sesudah terpilih Ketua DPK Sei Balai secara definitif nantinya, maka ia sendiri yang akan turun tangan mengajak kader-kader remaja masjid guna memberi himbauan serta mengajak masyarakat agar mau berzakat melalui Baznas Batubara.

Karena baik menurut Yusroh maupun Nurmawansyah, hal tersebut harus diarahkan, mengingat masih banyaknya warga Batubara sebagai penerima zakat yang sesuai asnaf pada tahun 2024 ini. Dan terkait itu, jelas tidak boleh berbanding terbalik dan harus linier dengan jumlah masyarakat yang wajib ber-zakat.

Sementara dalam kesempatan usai berlangsungnya kedua acara tersebut, Yusroh dan Nurmawansyah sama-sama mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Baznas Batubara atas bantuan materil dan supportnya, sehinga kegiatan Pesantren Kilat itu dapat berjalan dengan lancar dan sukses.

reporter | Bimais Pasaribu

Related posts

Leave a Comment